But Not by You

I think new writers are too worried that it has been said before. Sure it has, but not by ‘you’.

Asha Dornfest

Hari ini lagi banyak ide menulis. Akan tetapi, ide-ide tersebut bukan murni ide saya. Melainkan hasil dari mendengarkan kajian yang kemudian terlintas ide-ide tersebut. Awalnya saya merasa excited untuk mengembangkan ide-ide tersebut menjadi tulisan utuh. Lalu, mendadak teringat bahwa hal-hal itu sudah pernah ada yang menuliskannya. Sudah ada yang pernah membahas dan mengkajinya. Akhirnya, saya pun menghentikan aktivitas menulis saya.

Qadarullah, sore tadi saat menjelajahi Pinterest saya ditemukan oleh kutipan milik Asha Dornfest. Saya pun berujar kepada diri sendiri, “Iya juga, ya”. Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda. Dalam satu peristiwa akan terdapat beragam versi cerita, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Sebagai contoh kasus Bom Bunuh Diri di Thamrin tahun 2016 lalu. Ada banyak versi cerita karena banyak orang yang menyaksikan dan mereka berasal dari latar belakang yang berbeda. Polisi, karyawan, pejalan kaki, pedagang. Semua melihat dari sudut pandang mereka. Sehingga benar, peristiwa Bom tersebut sudah ada yang menceritakannya terutama wartawan, tetapi bukan kita yang menuliskannya. Maka, tidak perlu khawatir untuk menuliskannya lagi versi kita.

Pernah seseorang berkata bahwa sesungguhnya tidak ada ide yang murni. Maksunya, ide-ide tulisan yang kita buat adalah pengembangan-pengembangan dari yang sudah ada. Hanya saja dengan penyampaian yang berbeda jadilah sebuah ide yang baru dan segar. Sehingga, menulislah apa yang ingin ditulis itu. Catatannya, jangan menjiplak milik orang lain. Dilarang plagiat.

Jadi, yuk, tetap menuliskan ide-ide tersebut. Dan ingatlah kata-kata Charles de Lint berikut ini, “Don’t forget – no one else sees the world the way you do, so no one else can tell the stories that you have to tell”.

Selamat menulis. Salam literasi.

©rasacerita
Page 25 of 354
29 Muharram 1439 H

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *