Teman dalam Kebaikan

“Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.”

(HR Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Menjelang isya tadi saya mendapat sebuah pesan dari salah satu teman saya yang isinya melanjutkan perbincangan kami kemarin, yaitu buku Ustadz Adi Hidayat. Dia menuliskan pesan setelah dia selesai membaca ia akan meminjamkan bukunya kepada saya. Saya tersentuh. Pasalnya saya hanya bertanya di mana bisa memberli buku tersebut dan kemarin dia sudah mengirimkan kontak pemesanannya.

Beginilah sebuah pertemanan yang dilandasi Al Qur’an. Kok, bisa? Makudnya gimana? Kami berteman karena satu grup saat belajar Tahsin di Daarut Tauhiid Jakarta. Pertemanan kami murni karena pembelajaran tersebut dan dari kajian ke kajian. Dari ustadz yang satu ke ustadz yang lainnya. Sehingga, yang tercipta selalu saling dukung dalam kebaikan. Saling berbalas doa di setiap kesempatan. MasyaAllah….

Memang benar Hadits yang diriwayatkan Bukhari di atas. Dengan siapa kita berteman akan sangat mempengaruhi diri kita sendiri. Senada dengan yang diungkapkan oleh Ustdaz Nouman Ali Khan, “You can’t just pretend that the things you watch, and the things you hear, and the places you go, will not make an impact on your character. THEY WILL!”.

Berteman dengan siapa saja itu baik, akan tetapi memilih teman itu lebih baik. Perlu dilakukan seleksi mana yang bisa dijadikan teman dekat mana yang tidak. Agar kita dapat terjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dan yang terpenting supaya pertemanan yang kita jalan dapat menebar manfaat.

©rasacerita

Page 26 of 354

30 Muharram 1439 H

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *