Membaca Bukan Hanya Bagi Penulis


Diantara kita tentulah sudah pernah mendengar kalimat jika seseorang ingin menjadi penulis maka perlu dia untuk sering-sering membaca. Namun, pada kenyataan yang ada membaca itu bukan hanya bagi yang berkeinginan jadi penulis. Siapapun, apapun profesinya perlu gemar membaca.

Saya tersentil dengan sebuah pesan singkat yang masuk setelah saya menerbitkan info lowongan pekerjaan. Pertanyaannya adalah demikian, “Kak, syaratnya apa saja? Kirimnya ke mana?”.

Jujur saja saya langsung malas meladeni yang seperti ini. Jelas sudah kriteria tertulis, sampai kebutuhan yang perlu disiapkan. Mengapa tidak dibaca baik-baik?

Bagaimana saya harus memilih dia nanti jika dari awal saja dia tidak membaca dengan lengkap info yang tertera pada lowongan itu. Bagaimana saya bisa yakin adik ini mampu melakukan perkerjaannya dengan baik. Bahkan untuk membaca persyaratan pada sebuah lowongan pekerjaan saja tidak dilaksanakan.

Membacalah. Membaca baik-baik setiap informasi yang kita dapat. Apa lagi yang urusan-urusannya dengan pekerjaan. Jangan buat diri tereliminasi lebih dulu sebelum kamu bahkan mengirimkan CV.

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan perhatikanlah setiap detail yang ada. Jika, pada akhirnya memang harus ditanyakan maka tanyakanlah. Akan tetapi, pastikan bahwa yang ingin ditanya belum ada jawabannya dalam info lowongan kerja tersebut.

Yuk, ah, rajin-rajin baca. Satu kutipan baik mengenai membaca ini dari seorang Rick Holland, “The world belong to those who read”.

©rasacerita. Page 30 of 354. 04 Safar 1439 H

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *