Viral

Dua pekan menuju akhir ODOP Batch 4. Dua tantangan yang menakjubkan. Tantangan ke-8 adalah mengenai Citizen Journalism. Menulis berita (news) dengan 5W+1H. Tantangan ini dilepas pada Ahad, 12 Nov 2017 malam dan memiliki tenggat waktu hingga Selasa, 14 Nov 2017. Tema yang diberikan adalah berita viral pekan ini.

Untuk memastikan berita apa saja yang sedang viral, maka kemudian saya menuliskan keyword ‘berita viral pekan ini’ di Google. Bisa langsung di cek di sini hasilnya. Saya mencoba membuka beberapa website yang pertama, yang ke dua, yang ketiga dan yang keempat. Saya sekadar membaca judulnya saja. Tidak ada satu pun dari link yang tersedia saya baca beritanya. Entah saya yang memang aneh atau judul-judul beritanya yang aneh. Buat saya malah jadi malesin. Bukannya saya klik kemudian saya baca, malah saya mundur teratur. Not my type of news. Begitukah berita yang dinamakan viral?

Saya jadi terusik. Kemudian mencoba memahami arti kata viral itu sendiri. Melalui aplikasi KBBI V buatan Badan Bahasa Kemendikbud, bisa dipasang melalui link ini untuk ponsel android, saya mendapatkan kata viral memiliki dua arti. Keduanya sebagai adjektiva yaitu ‘berkenaan dengan virus’ dan ‘bersifat menyebar luas dan cepat seperti virus’. Masih kurang puas, saya mencoba jalan-jalan di feed instagram Badan Bahasa Kemendikbud. Terdapat satu postingan mengenai kata ‘viral’ ini, yang dikeluarkan oleh Kantor Bahasa NTT. Saya sisipkan posternya di bawah tulisan ini.

Jadi, begitulah ‘viral’. Sesuatu yang menyebar luas dengan cepat. Bisa baik dan bisa buruk. Saya jadi melihat ‘viral’ ini berbeda dengan kebanyakan berita yang sedang heboh. Viral itu khusus untuk sesuatu yang menyebar luas dengan cepat walaupun ternyata sampah banget isinya. Duh, dan yang kayak gini bikin mual. Males banget dibaca. Saya masih penikmat berita yang sesungguhnyalah. Bukan semacam yang viral-viralan. Gara-gara tugas ini saja saya jadi baru tahu adalah paspamres ganteng, baju tidur Kahiyang, dan yang sejenisnya. Yang kalau saya suka nyeletuk, “nggak ada kerjaan banget yang kayak gitu dibahas”.

Sedih, saya bukan tipe penikmat viral. Perlu motivasi ekstra untuk menulis sesuatu yang viral itu. Biasanya mantengin TV hanya untuk nonton NatGeo atau pun Discovery Channel. Pun serial TV yang saya tonton semacam Crimina Mind, Castle, NCIS, Bones. FTV sama sinetron apalagi gosip, duh, setiap kali ada yang muter itu saya langsung ambil headset yang dengerin hal lain. Semoga kedepannya yang viral-viral itu yang menarik buat saya.

©rasacerita. Page 51 of 354. 24 Safar 1439 H.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *